Pelindo III Siapkan 14.000 Tiket Gratis Mudik Lebaran 2018

SURABAYA, BERKASNEWS.COM –Kembali  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menunjukan kepeduliannya terhadap masyarakat Umum dengan menyiapkan 14.000 tiket gratis mudik lebaran tahun 2018. Langka Ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 6.000 tiket.

program mudik gratis ini merupakan representasi kepedulian negara dalam memberikan rasa nyaman dan kemudahan dalam pelaksanaan mudik.

“Tahun lalu antusiasme pemudik kapal laut cukup tinggi dalam memanfaatkan program mudik gratis yang kami sediakan. Okupansinya bahkan mendekati 100 persen,” ungkap Direktur utama PT.Pelindo III Ari Askhara, tidak lama ini

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang kepelabuhanan ini juga menggandeng BUMN lain, yaitu PT Pelni selaku penyedia moda transportasi laut dan Perum Damri selaku penyedia moda transportasi darat.

“Kami berharap masyarakat Indonesia dapat melihat dan merasakan kehadiran BUMN yang senantiasa bersinergi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri,” ujarnya

Ari mengatakan, 14.000 tiket gratis tersebut akan dialokasikan kepada 1.700 pemudik pengguna kapal laut yang berangkat melalui Pelabuhan Kumai atau Pelabuhan Sampit tujuan Semarang dan Surabaya.

Sedangkan 12.300 lainnya didistribusikan kepada penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak maupun Pelabuhan Tanjung Emas yang hendak meneruskan perjalanan dengan bus ke sejumlah kota di Jawa Timur maupun Jawa Tengah.

“Kami menyediakan 260 trip mudik gratis melalui bus. Rinciannya, 150 trip diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak dan 110 trip dari Pelabuhan Tanjung Emas,” kata Faruq Hidayat, Corporate Secretary Pelindo III.

Bersama Perum Damri, Pelindo III mengerahkan 15 armada bus di Pelabuhan Tanjung Perak tujuan Jember, Madiun, Trenggalek, Cepu, dan Blitar.

Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Emas 10 bus akan bertolak menuju 7 kota tujuan Yogyakarta, Rembang, Wonosobo, Purworejo, Solo, Purwodadi, dan Tegal.

“Bus-bus ini akan menyinggahi sejumlah kota yang menjadi bagian dari rute masing-masing trip,” katanya.

Hingga hari Kamis (17/05/2018), Pelindo III telah menerima 1.540 pendaftar mudik gratis menggunakan kapal laut. Untuk peserta mudik gratis menggunakan bus Pelindo III telah menjaring 1.514 pemudik.

“Artinya kuota penumpang bus masih tersedia cukup banyak,” tandas Faruq.

Pendaftaran program mudik gratis dimulai dari 2 Mei 2018 sampai 12 Juni 2018. Setelah daftar, peserta dapat memvalidasi pendaftaran di posko mudik gratis di pelabuhan asal untuk mendapatkan tiket kapal Pelni dan voucher moda bus.

Sementara bagi penumpang kapal laut yang berangkat dari kota selain Kumai dan Sampit, dapat melakukan pendaftaran maupun validasi di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Tanjung Perak.

Kendati berlangsung sejak 1 sampai 12 Juni 2018, Pelindo III tetap menyediakan layanan bus gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bagi penumpang kapal laut KM Kelimutu yang diperkirakan tiba 13 Juni 2018.

Karena, armada kapal milik Pelni tersebut baru meninggalkan Pelabuhan Sampit pada 12 Juni 2018.

“Kami tak hanya sekadar memfokuskan diri pada kebutuhan pelanggan kami, tetapi juga harus mampu melampaui harapan mereka,” kata Faruq.

“Jika memang ada peserta mudik gratis yang telah mendaftar di pelabuhan asal tepat pada akhir masa program dan pada kenyataannya tiba di Pelabuhan Tanjung Perak keesokan harinya, kami akan tetap menyediakan bus gratis di Tanjung Perak,” lanjutnya.

Cara Pendaftaran

Para penumpang kapal laut dapat daftar secara online melalui http://mudik.pelindo.co.id. atau datang langsung di posko mudik gratis Pelindo III di pelabuhan asal, yaitu Pelabuhan Kumai dan Pelabuhan Sampit.

Peminat mudik gratis cukup menunjukkan KTP dan fotokopi Kartu Keluarga yang masih berlaku pada petugas. Informasi yang tertera pada kartu identitas harus sesuai identitas yang tertera pada tiket kapal laut.

Untuk keterangan lebih lanjut, Pelindo III menyediakan contact center di nomor 081358858889. Masyarakat dapat menghubungi langsung via telepon, SMS, dan WA.(han)

Facebook Comments